Pemkot Siap Sukseskan Sensus Penduduk 2020

0
1

Kota Bengkulu, pusaranupdate.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bengkulu bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Ruang Hidayah Kantor Walikota Bengkulu, Bentiring, Kamis (13/02/2020). Rakor ini merupakan sosialisasi persiapan sebelum pelaksanaan Sensus Penduduk (SP 2020) yang akan dibuka pada 15 Februari – 31 Maret 2020 melalui halaman website sensus.bps.go.id.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi yang membuka kegiatan ini mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu sangat mendukung dan siap menyukseskan sensus penduduk, karena ini merupakan salah satu upaya dengan mendata secara demokrasi penduduk laki-laki maupun perempuan mulai dari usia balita, anak-anak, remaja, dewasa serta lansia tentunya.

“Hal ini juga upaya menyusun rancangan ke depan seperti merancang program dengan sasaran lansia, kita sudah punya data berapa lansia yang akan kita bantu agar dapat memudahkan kerja BPS dalam mendata semua yang diperlukan untuk keberlangsungan kegiatan nantinya. Dan juga dapat data dari dukcapil dengan data yang lengkap,” ujar Dedy.

Dengan pola sensus sesuai era reformasi 4.0 digital. Dedy mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membantu BPS mulai dari tingkat Kecamatan, Kelurahan, Rukun tetangga (RT), untuk siap membantu. “Kominfo silakan buatkan semacam iklan layanan masyarakat untuk menyukseskan sensus penduduk ini,” ujar Dedy.

Untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020 ini, sambung Dedy, setiap pihak harus bersama-sama untuk saling bahu-membahu. Karena kerja berat akan terselesaikan dengan saling bekerja sama.

“Kita akan buktikan secara kongkrit apa yang dibutuhkan BPS seperti butuh backup, misal saat sensus di salah satu kelurahan, kita akan hubungi lurahnya untuk membantu dan saling bersinergi,” tegas Dedy.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Bengkulu Husnan mengatakan tujuan sensus adalah untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karateristik penduduk indonesia maju, menuju satu data kependudukan Indonesia.

“Kami melakukan sosialisasi ini agar masyarakat dapat mengerti tata cara untuk mendaftarkan diri di website BPS, pasalnya hal seperti ini banyak tidak dimengerti oleh masyarakat yang tidak menguasai teknologi,” ungkapnya.

Ia juga berharap pelaksanaan sensus penduduk baik online maupun wawancara bisa berjalan dengan lancar serta mendapat dukungan dari seluruh aparat pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.

Untuk diketahui, Sensus Penduduk pada tahun 2020 ini akan menggunakan 2 metode yaitu sistem Online dan sistem wawancara. Untuk online akan dilakukan dimulai 15 Februari – 31 Maret 2020, sedangkan SP verifikasi pencacahan lapangan akan dimulai dari 1 – 31 Juli 2020 oleh petugas BPS. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here