Gubernur Herman Deru: Persiapkan Semua Kebutuhan Menghadapi Anomali Cuaca

0
15

Palembang, Pusaranupdate.com – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru Mengundang secara khusus Kepala BMKG Sumatera Selatan sebagai bentuk antisipasi Pemerintah Provinsi Sunatera Selatan terhadap anomali cuaca yang selalu terjadi, dimana pada tahun 2019 yang lalu hampir tidak ada hujan, lebih didominasi musim kemarau selama 9 bulan yang mengakibatkan banyaknya lahan yang terbakar di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa (28/04/2020).

“Untuk itulah dikesempatan ini saya ingin mendapatkan informasi prakiraan cuaca dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi Geofisika Sumatera Selatan sehingga Pemerintah Proivinsi Sumatera Selatan dapat cepat mengantisipasi dan tepat dalam mengambil langkah dalam menghadapai perubahan cuaca kedepan ini.  Kita harus mempunyai perhitungan dengan tekhnolgi yang ada, sehingga kita mengetahui kapan kemarau dan curah hujan terjadi” ujar Deru.

Ditambahkannya selain itu juga dapat memperkirakan kapan bantuan2 baik peralatan dll di berikan pada daerah – daerah yang rawan karhutla di Sumatera Selatan. Dalam waktu dekat HD akan memperbaharui lagi Satgas Karhutla yang selama ini dimiliki, dan juga akan ditunjuk para Bupati / Walikota yang daerahnya rawan Karhutla untuk menjadi bagian dari Satgas Provinsi sekaligus sebagai Ketua Satgas di Wilayahnya masing – masing.

“Saya mengharapkan agar setiap Institusi atau Organisasi Perangkat daerah yang berkaitan dengan Karhutla dapat mendata/ menginventarisasi mulai dari sekarang, seperti kehutan, perkebunan dll.  Saya juga mengharapkan agar Tim Restorasi Gambut dapat benar – benar bekerja secara optimal, bagaimana mengupayakan lahan gambut itu menjadi lahan yang produktif, mengingat lahan gambut di Sumatera Selatan ini begitu luas” jelasnya.

Diakhir pertemuan tersebut HD memberikan Peringatan kepada seluruh korporasi yang bergerak di bidang perkebunan atau yang sudah memilki HGU tapi belum produktif dan terjadi kebakaran maka akan  dicabut izinnya.

“Jadi bertanggungjawablah dengan tanggung jawab sosial dan Tanggung jawab lingkungan yang harus dilakukan semaksimal mungkin, dan kita bekerjasama untuk hal ini” tutupnya.

Turut hadir: Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. H. Akhmad Najib,SH,.M.Hum, Kepala BMKG Sumsel Nuga Putrantijo, kadis Kehutanan Sumsel Panji Cahyanto, Kadis LH dan Pertanahan Prov. Sumsel H. Edward Chandra, Kepala BNPB Sumsel H. Iriansyah, S Sos, SKM,(Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here