Selamat HUT Provinsi Sumatera Selatan ke-74

0
12

Palembang, Pusaranupdate.com – Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sumatera Selatan ke-74, 15 Mei 1946-2020. “Dengan Semangat Hari Jadi Provinsi Sumsel ke-74, Tingkatkan Sinergitas Pembangunan Menuju Sumsel Maju Untuk Semua”.

Penetapan tanggal 15 Mei sebagai hari jadi Sumsel berdasarkan pada Perda Sumsel No. 5 Tahun 2007 tentang Hari Jadi Prov Sumsel. Sejarah kelahiran Prov Sumsel dimulai dari sebelum kemerdekaan, yakni Kerajaan Palembang yang dikenal sebagai Kesultanan Palembang Darussalam yang mengalami kejayaan pada abad ke-18 & ke-19.

Batas wilayah kekuasaannya, yakni pada masa Sultan Abdurrahman yang menguasai sebagian wilayah sekarang termasuk Jambi (di daerah Tembesi), sebagian daerah Lampung (Menggala, Tulang Bawang) dan juga Pulau Bangka Belitung, serta daerah Rejang Empat Petulai (Lebong) dan Belalau di sebelah selatan Danau Ranau.

Pada waktu peralihan kekuasaan dari Kesultanan Palembang kepada Pemerintah Hindia Belanda, tidak semua wilayah dikuasai Pemerintah Belanda karena masih adanya perlawanan dari rakyat, terutama rakyat di Pasemah.

Setelah Kemerdekaan RI, kronologis penetapan 15 Mei 1946 sebagai hari jadi Prov Sumsel bertepatan dengan diumumkan pembagian wilayah Provinsi Sumatera menjadi tiga subprovinsi berdasarkan usul dan pertimbangan konferensi residen seluruh Sumatera, wakil pemerintah pusat, dan keputusan Dewan Rakyat Sumatra.

Tiga subprovinsi itu, yakni subprovinsi Sumatra Utara meliputi Keresidenan Aceh, Sumatra Timur, dan Tapanuli. Kemudian subprovinsi Sumatra Tengah yang meliputi Keresidenan Sumatra Barat, Riau, dan Jambi.

Selanjutnya, subprovinsi Sumatra Selatan meliputi Keresidenan Bengkulu, Palembang, Lampung, dan Bangka Belitung.

Berdasarkan pembagian wilayah itu, melalui proses panjang dilandasi kajian ilmiah dan pertimbangan dari berbagai aspek dan data-data, akhirnya disepakati bahwa pada 15 Mei 1946 adalah sebagai awal terbentuk Provinsi Sumsel.(Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here