KKN Fikes Unived di Rejang Lebong, Diakhiri Baksos

0
233

Bengkulu, Pusaranupdate.com – Rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu, diakhiri dengan kegiatan bakti sosial (Baksos). Bakti sosial tersebut dilakukan oleh segenap sivitas akademika Fikes Unived pada Jumat (7/5/2021) dalam bentuk pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian bahan makanan bagi warga Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong.

Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Unived Bengkulu, Dr. Ida Samidah, S.Kp., M.Kes. menyatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu, Pengabdian Kepada Masyarakat.

“KKN dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian seluruh sivitas akademika Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu kepada masyarakat terutama dalam menghadapi kondisi pandemi seperti saat ini, sehingga tema KKN yang diusung adalah Upaya Peningkatan Kesehatan di Era New Normal Menuju Kemandirian Ekonomi Masyarakat Sumber Urip Rejang Lebong,” kata dekan.

Kuliah Kerja Nyata Fakultas Ilmu Kesehatan Unived Bengkulu ini sejatinya telah dilaksanakan sejak tanggal 22 Maret 2021 lalu. Kegiatan yang diikuti oleh 40 mahasiswa yang berasal dari Program Studi Ilmu Keperawatan (S-1) dan Kesehatan Masyarakat (S-1) tersebut berlangsung selama kurang lebih 8 minggu di Desa Sumber Urip.

Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa dituntut untuk mampu mengaplikasikan pengetahuan dan ilmu yang telah mereka peroleh dalam perkuliahan di kampus. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa dapat mentransformasikan pengetahuan tersebut kepada masyarakat.

Merujuk kepada pernyataan Ketua Panitia KKN FIKes, Ns. Elsi Rahmadani, M.Kep yang menyatakan bahwa dalam kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat terkait beberapa hal yang berkaitan dengan kesehatan diri agar masyarakat mampu menjaga kondisi kesehatan mereka dengan baik dalam kondisi pandemi ini.

Selain itu, dalam sambutannya Prof. Dr. Kamaludin, S.E., M.M. selaku Rektor Universitas Dehasen Bengkulu menyatakan apresiasinya kepada seluruh panitia dan peserta KKN yang telah mampu melaksanakan rangkaian kegiatan ini dengan baik meskipun terdapat beberapa kendala namun semuanya dapat teratasi dengan baik. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Heri Wartono, S.KM., M.M. selaku Camat Selupu Rejang menyampaikan apresiasinya kepada Fakultas Ilmu Kesehatan Unived Bengkulu atas kesediaannya untuk berbagi tidak hanya bantuan materil berupa bahan makanan, namun juga pemberian layanan kesehatan dan informasi kesehatan bagi masyarakat Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang.

Sebagai penutup Dekan Fikes Unived Bengkulu menyampaikan, ‚ÄúTerima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini, baik dari pihak Panitia KKN FIKes juga mahasiswa, Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, dan Kepolisian Sektor Curup. Selanjutnya, kegiatan KKN ini akan terus dilaksanakan dan senantiasa diperbaiki pelaksanaanya, sehingga semakin banyak masyarakat dapat menerima manfaat dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang kesehatan,”tutup.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here