TMMD 110, Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Sampaikan Bahaya Penyakit Tidak Menular

0
17

Bojonegoro – Disampaikan oleh Nara sumber dari Dinas Kesehatan Bojonegoro dalam acara sosialisasi Penyakit tidak menular, di Kegiatan non fisik TMMD 110 di Balaidesa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, oleh dr. Nina Erlina yang menuturkan bahwa Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan penyakit yang sering tidak terdeteksi karena tidak ada gejala maupun keluhan, seperti hipertensi, diabetes, atau gangguan jiwa, Jum’at (26/03/2021).

Menurutnya Biasanya ditemukan dalam tahap lanjut sehingga sulit disembuhkan dan berakhir dengan kecacatan atau kematian dini, dan sangat berbahaya bagi masyarakat.

Bertempat di Balaidesa Jatimulyo, dan dihadapan puluhan warga, disampaikan pula bahwa Hal ini menimbulkan beban pembiayaan yang besar bagi penderita, keluarga dan negara.

“PTM dapat dicegah melalui pengendalian faktor risiko, yaitu merokok, kurang aktifitas fisik, diet yang tidak sehat, dan konsumsi alkohol,” jelasnya.

Peningkatan kesadaran, dan kepedulian masyarakat terhadap faktor risiko PTM sangat penting dalam pengendalian PTM (Kemenkes RI, 2009). Pemberdayaan dan peran serta masyarakat ini terwadahi dalam pelayanan  yang dikenal dengan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) PTM. (Pendim 0813).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here