oleh

Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu Gelar Kunjungan ke Desa Arga Jaya, Bahas Potensi Wisata

Bengkulu, Pusaranupdate.com – Program Desa Wisata (DeWi) dan Desa Digital (DeDi) yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat melalui Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Kominfotik) nampaknya sudah semakin matang di gencar oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu. Pasalnya pada Minggu (30/5) tepatnya pukul 14.00 wib, tanpa persiapan khusus Kepala Dinas (Kadis) Kominfotik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, SE, MM menggelar kunjungan ke Desa Arga Jaya Kecamatan Air Rami. Tujuannya yakni membahas tentang potensi yang ada di Desa Arga Jaya, yang merupakan Desa Wisata dengan Ikon Wahana Air yang dibangun melalui Dana Desa dan telah diresmikan pada awal bulan mei lalu oleh Bupati Mukomuko. Dalam diskusi santai yang dilakukan Kadis Kominfotik, Kades Arga Jaya dan Ketua BPD Arga Jaya, sempat pula hadir beberapa Kades yang kebetulan berkunjung ke Wahana Air, yakni Pj Kades Bukit Harapan dan Kades Mekar Jaya Kecamatan Air Rami serta Pj Kades Air Merah Kecamatan Malin Deman.

Dalam diskusinya, Jaduliwan menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Arga Jaya dalam upaya meningkatkan perekonomian melalui sektor wisata dengan membangun wahana air yang ada di Desa Arga Jaya. Namun Jaduliwan menyayangkan wisata yang ada tidak di ekspos dengan sedemikian rupa.

”Saya sangat mengapresiasi Pemdes Arga Jaya yang telah berupaya dalam pemulihan ekonomi dalam sektor wisata dengan membangun wahana air ini. Namun sangat disayangkan jika tidak dibantu dengan digital marketing untuk mempromosikan wisata yang ada. Maka dari itu, diskusi ini kami sampaikan tujuan kedepan untuk Desa Arga Jaya akan kita Branding dalam Program DeWi & DeDi,”kata Jaduliwan.

Terpisah, Kades Arga Jaya, Tugiran mengatakan semenjak adanya wisata, Pendapatan Asli Desa (PADes) mulai meningkat. Dari segi pengelolaan wisata saja bisa tembus jutaan rupiah sehingga dengan pemasukan dari wisata akan digunakan untuk pengembangan wisata. Selain itu, pengelolaan wisata juga melibatkan beberapa unsur didalam desa. Misalnya untuk pengelolaan parkir diserahkan ke Karang Taruna, Kantin wisata diisi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) yang menjajakan kerajinan tangan seperti olahan makanan dan minuman yakni Keripik singkong dan Sirup kalamansi asli dari Desa Arga Jaya.

”Jadi pengelolaan wisata kami serahkan seluruhnya ke BUMDes Arga Jaya, untuk pengelolaan parkir Karang Taruna dan Kantin wisata diisi oleh Kelompok Wanita  Tani (KWT) dan PKK Desa Arga Jaya. Alhamdulillah dengan adanya wisata ini PADes kami meningkat dan akan kami gunakan untuk pengembangan wisata kedepannya,”kata Tugiran.

Terpisah, Salah Seorang Pengunjung Asal Puding Mas, Sukiati mengatakan dirinya beserta keluarga sangat senang ketika memasuki wisata, pasalnya wisata air yang ada di Desa Arga Jaya tidak menguras kantong serta pelayanan dan keamanannya sangat bagus.

”Wisatanya murah tapi tidak murahan. Kami sangat nyaman dengan fasilitas serta keamanan pengunjung sangat diutamakan oleh pengelola. Wisata Air Desa Arga Jaya mantap pokoknya,”pungkas Sukiati.(Red/Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed