oleh

Pemkot-BKKBN, Serahkan Bantuan Alat Laparaskopi Untuk Persalinan di RS Gading Medika

Ket Foto: Pemkot-BKKBN, Serahkan Bantuan Alat Laparaskopi berlangsung di Aula I, RS Gading Medika.

Kota Bengkulu, Pusaranupdate.com – Pemkot Bengkulu dan Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi memberikan bantuan berupa alat laparaskopi untuk persalinan kepada Rumah Sakit Gading Medika.

Penyerahan bantuan berlangsung di Aula I, RS Gading Medika, Kamis (14/9/2023), dihadiri Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, Plt Kepala Perwakilan BKKBN Pelaksana tugas (Plt) M Iqbal Apriansyah, Direktur RS Gading Medika dr Tunjung Dharmalia, Kepala DP3AP2KB Dewi Dharma dan jajaran RS Gading Medika lainnya.

Pada kesempatan ini, Dedy berharap dengan diberikannya alat laparoskopi pihak rumah sakit yang mendapat bantuan dapat melayani masyarakat lebih baik ke depannya.

“Alhamdulillah, hari ini Pemerintah Kota Bengkulu mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan kemudian kita salurkan untuk rumah sakit Gading Medika. Nama alatnya laparaskopi, ini sebuah alat yang canggih, bisa digunakan untuk kegiatan membantu masyarakat di bidang medis.

kata para dokter tadi ini bisa diiupgrade dan digunakan untuk operasi lainnya, seperti empedu serta usus buntu,” ungkap Dedy.

Dihadapan jajaran RS Gading Medika, Dedy menaruh harapan besar terhadap rumah sakit tersebut dalam melayani dan membantu masyarakat Bengkulu.

“Insya allah pelayanan kesehatan menjadi utama di Kota Bengkulu dan alhamdulillah Gading Medika juga selalu membantu dan melayani masyarakat dengan baik,” tuturnya.

Setelah itu, Dedy tak lupa mempromosikan program BPJS gratis yang digalakkan di Kota Bengkulu diberbagai rumah sakit, salah satunya Gading Medika.

 

“Kalau KK Kota Bengkulu enggak usah banyak tanya. Insya allah akan ada program BPJS gratis, dan sekarang gading medika juga banyak membantu masyarakat. Mari kita doakan RS ini mudah-mudahan semakin maju ke depannya,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur RS Gading Medika dr Tunjung Dharmalia mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan untuk RS Gading Medika. Ia meyakini dengan sinergi dan kolaborasi berbagai pihak, RS Gading Medika makin maju ke depannya.

Untuk diketahui, Laparoskopi adalah prosedur medis untuk melihat organ dalam perut atau abdomen. Khususnya bagi perempuan, dokter juga bisa memakai prosedur ini untuk mengecek kondisi panggul. Di Indonesia, teknik laparoskopi ada sejak 1990-an. Penggunaannya yang pertama adalah untuk mengangkat batu empedu. Setelah itu, banyak rumah sakit menjadikan laparoskopi prosedur baku buat mengatasi masalah kantung empedu.

 

Laparoskopi menggunakan alat khusus berbentuk tabung tipis dengan kamera dan lampu. Alat ini bernama laparoskop. Dokter akan memasukkan alat tersebut setelah membuat sayatan kecil pada perut. Gambar yang tertangkap oleh kamera lalu tayang pada monitor komputer yang tersambung dengannya. Dokter lantas melihat gambar tersebut untuk membuat diagnosis atau melakukan operasi jika menemukan masalah.

Ada dua jenis laparoskopi berdasarkan tujuannya. Yang pertama adalah laparoskopi diagnostik. Yang kedua laparoskopi operatif. Dokter bisa menjalankan salah satunya dalam sebuah prosedur laparoskopi, bisa pula dua-duanya sekaligus.(Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed