oleh

Waka Komisi I DPRD Kota Bengkulu Nuzuludin, Perjuangkan Hak Nelayan Tradisional DDTS

Bengkulu, Pusaranupdate.com – Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Nuzuludin, SE hadir ditengah-tengah masyarakat Nelayan Tradisional Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) dalam rangka mendampingi dalam mendiskusikan berkenaan dengan adanya bantuan alat tangkap ikan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu.

Nuzuludin mengatakan, pendampingan sekaligus diskusi dengan berkenaan akan didestribusikannya bantuan alat tangkap dari Pemkot Bengkulu terhadap masyarakat nelayan tradisional DDTS yang memang hingga hari ini baru tersentuh bantuan. Dan pendistribusian ini tentu sebelumnya ia dan masyarakat telah melakukan berbagai peoses.

Lanjut, “Malam ini saya sebagai wakil rakyat mendampingi berdiskusi berkenaan yang InsyaAllah Pemkot Bengkulu akan mendistribusikan bantuan Alat Tangkap berupa 27 perahun, jaring serta alat tangkap lainnya. Dan diskusi ini juga mensepakati aturan-aturan bagaimana kemudia alat tangkap ini tiba di Kota Bengkulu,” sampai Nuzul (09/10/2021).

Nuzuludin yang juga Ketua Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Bengkulu ini menyampaikan perihal musyawarah atau kesepakatan-kesepakat yang dibuat oleh Masyarakat Nelayan Tradisonal seperti bagaimana penggunaan alat tangkap dan bagaimana tata kelola penangkap ikan di DDTS untuk keberlangsungan dikemudian hari.

“Nelayan Tradisonal menyepakati aturan-aturan seperti nebuat zona-zona pelarang menangkap ikan agar bisa berkembang biak yang mengedepankan pelestarian ekosistem ikan yang ada di DDTS untuk kesejahteraan masyarakat (anak cucu, red) kedepannya, dan juga kedepannya kita juga akan melakukan tabur bibit ikan DDTS,” jelas Nuzuludi.

Ditempat yang sama Ketua Nelayan Tradisonal DDTS Kota Bengkulu, Sulaiman mengungkapkan ucapan terimakasi kepada Pemkota Bengkulu dalam hal ini Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu khususnya kepada Bapak Nuzuludin sebagai Anggota Dewan yang telah membantu selama setahun ini dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Kami (Nelayan Tradisonal, red) mengucapkan ribuan terimakasih kepada Walikota Helmi Hasan dan Wakilnya Dedy Wahyudi terkhususnya kepada Pak Nuzuludi yang sudah membantu nelayan Tradisonal DDTS. Dan saat ini kami bersama DKP Kota Bengkulu sudah menandatangi berita acara bantuan tersebut,” pungkasnya.

Dirinya kembali menjelaskan selama ini nelayan tadisional DDTS Kota Bengkulu memang belum pernah sama sekali menerima bantuan dari Pemkot Bengkulu apapun itu jenisnya, dan berkat Pak Nuzuludin menjembatani aspirasi kami (Nelayan, red) ke Pemkot Bengkulu yakni Dinas Kelautan dan Perikan (DKP) dan pada akhirnya itu terkabulkan.

“Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepak Pemerintah dan Pak Nuzuludin selaku anggota Dewan, karena selama ini kami belum pernah tersentuh bantuan dari pemerintah, dan Alhamdulillah kami hari ini akan menerima/mendapatkan bantuan berupa 27 unit Perahu dan 270 pis jaring dari Pemkot Bengkulu,” ucapknya.

Sebelumnya diketahui Nuzuludin Anggota DPRD Kota Bengkulu pada Rabu (7/10/2020) tahun lalu melakukan hearing bersama dengan Nelayan Tradisonal DDTS ke DKP Kota Bengkulu yang saat itu Kepala Dinasnya, Syafriandi. Pertemuan tersebut kemudian Kepala DKP berjanji akan menyampaikan ke Pemkot Bengkulu dan Insyaallah akan diakomodir semuanya,”tutupnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed