oleh

Wawali Antar Langsung Kursi Roda untuk Miharni. Dedy : Sekarang Pejabat yang Melayani

Bengkulu, Pusaranupdate.com – Ditengah kesibukannya, wakil walikota Bengkulu Dedy Wahyudi masih menyempatkan diri untuk mengunjungi warga yang sedang membutuhkan bantuan. Seperti Selasa (10/8/2021), Dedy berkunjung ke rumah Miharni (69) warga RT 06 Kelurahan Bumi Ayu.

Kedatangan Dedy bersama Camat, Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas sekaligus dalam rangka untuk memberikan bantuan berupa 1 unit kursi roda untuk Miharni yang saat ini lumpuh. Dengan penuh perhatian dan kasih sayang, Dedy menyapa dan memperlakukan warganya itu layaknya ibu sendiri.

Tentu saja Miharni dan keluarganya senang sekaligus terharu ada pemimpin yang begitu peduli dengan warganya yang sedang membutuhkan bantuan dan perhatian dari pemerintah. Di kesempatan itu Miharni dan keluarga menyampaikan ucapan terima kasih kepada wawali.

Bertolak dari rumah Miharni, Dedy kembali mengunjungi 3 rumah warga lainnya di Kelurahan Bumi Ayu untuk menyerahkan akta kematian seperti biasanya. Untuk diketahui bahwa setiap ada warga Kota Bengkulu yang meninggal, maka pemerintah langsung yang akan mengurus penerbitan akta kematian dan diantar langsung ke rumah.

Saat diwawancarai usai memberikan akta kematian di rumah Almarhum Sujito bin Subali (58) di RT 27 Kelurahan Bumi Ayu, Dedy mengatakan ini adalah bentuk action dari program Quick Response. Karena kata dia rakyat adalah raja.

“Zaman sudah berubah. Dulu pejabat dilayani. Sekarang pejabat yang melayani. Jabatan gubernur,bupati,walikota hanya mandat. Rajanya adalah rakyat. Dalam teori ilmu public service, menurut Jan Carlzon rakyat adalah pelanggan. Rakyat adalah raja. Maka abad ini dinamakan “abad pelanggan,” ujar Dedy.

Di Kota Bengkulu, lanjut Dedy ia bersama walikota Helmi Hasan melakukan transformasi pelayanan. Bahwa, seluruh ASN dan pejabat adalah pelayan. Rakyat (pelanggan) adalah rajanya.

“Konsekwensi sebagai pelayan, harus siap dikritik/diprotes bahkan dihujat. Agar minim hujatan, maka harus berikan layanan terbaik. Berupa program pro rakyat. Visi menghadirkan kebahagiaan harus konkret. Bukan basa-basi. Di Kota Bengkulu lah, mobil dinas walikota-wawali boleh dipinjam oleh rakyat. Ambulan gratis, semua pejabat wajib mengangkat anak yatim. Janda tua fakir, berhak mendapat santunan tiap bulan. Warga sakit tak mampu, berhak layanan gratis dan lainnya,” sampai Dedy.

Dedy menambahkan, setiap warga yang meninggal dunia, Pemkot langsung sebagai penyelenggara takziah dan menerbitkan akta kematian. Kemudian juga ada program KTP 17 tahun diantar ke rumah.

Bahkab sebagai komitmen layanan, Walikota dan wawali mengumumkan no HP secara terbuka. HP Walikota : 0811737646, HP Wk Walikota; 0811737766.(mc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed